DPRD Dorong Pemdes Kembangkan BUMdes

By kabarbor - March 20, 2023 |
Post View : 358
Views
IMG-20230127-WA0004

Sampit,- DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, mendorong pemerintah desa (Pemdes) untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga potensi yang ada di desa bisa digarap secara maksimal dalam rangka penguatan ekonomi ditingkat bawah.

Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun ST mengatakan masih berkaitan erat dalam pemulihan ekonomi ini harus di dukung semua lini. Pemerintah daerah hingga pemerintah desa juga bisa saling membantu untuk penguatan ekonomi.

“Sekarang ini banyak yang berlomba untuk meningkatkan perekonomian. Pemerintah daerah juga membuka peluang sebesar-besarnya bagi pelaku UMKM, investor dan para pengusaha lainya,” katanya, Senin (20/3/2023).

Kemudian dalam pengembangan ekonomi ini mestinya juga di dukung penuh oleh pemerintah desa. Salah satunya dengan pengembangan BUMDes di setiap Desa yang memiliki beragam potensi.

“Kami mendorong bagi desa yang belum memiliki BUMDes agar segara dibentuk. Sesuaikan dengan potensi apa di desa masing-masing,” ungkapnya.

Sudah banyak BUMDes yang dikembangkan di sejumlah Desa. Mulai ada yang membidik di sektor perkebunan khususnya jual beli kelapa sawit. Itu sangat kuat untuk dikembangkan di Desa.

“Namun tak semua desa bisa mengembangkan itu, atau justru bidang lain. Seperti pembuatan tambak ikan dan sebagainya. Potensi yang ada di desa bisa dimaksimalkan melalui BUMDes,” jelasnya.

Hal ini dinilai akan lebih menguatan ekonomi ditingkat desa. Bahkan dengan adanya BUMDes ini bisa menyerap tenaga kerja bahkan sampai membuat desa bisa menjadi mandiri.

“Penghasilan dari hasil pengembangan usaha itu menjadi pendapatan asli desa dan ini bisa dikembangkan untuk menambah usaha atau untuk pembangunan. Hal ini tergantung dari pemerintah desa menggunakan dananya,” Demikian Rimbun.(Rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait