DPRD Barut Dukung Peran Posyandu dalam Perbaikan Kesehatan Masyarakat

By kabarbor - April 22, 2024 |
Post View : 382
Views
IMG-20240629-WA0063

Puruk Cahu – Pos Pelayanan Terpadu atau biasa disebu Posyandu memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi mandiri.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya, Akhirudin , menekankan pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak dalam perbaikan kesehatan masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

Menurutnya, Posyandu harus fokus pada empat aspek utama, yakni edukasi penduduk dengan penguatan kader, pencegahan primer melalui perlindungan anak terhadap penyakit dengan imunisasi.

“Diharapkan Posyandu di daerah ini hendaknya menjadi ujung tombak dalam rangka perbaikan kesehatan masyarakat dengan empat fokus yaitu edukasi penduduk dengan penguatan kader, pencegahan primer dengan memperkuat perlindungan anak terhadap penyakit dengan imunisasi,” kata Akhirudin Senin (22/04/2024).

Politis PKB ini juga menyoroti pentingnya pencegahan sekunder melalui skrining stunting dan peningkatan skrining kehamilan, serta peningkatan kapasitas pelayanan primer melalui revitalisasi Posyandu.

Bahir sapaan akrabnya juga menekankan perlunya komitmen, kesamaan pemahaman, dan kerjasama yang sinergis untuk meningkatkan fungsi kinerja Posyandu. Hal ini mencakup koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi, dan dukungan lintas sektor dari tingkat kabupaten hingga desa.

“Semoga pengelolaan dan pembinaan Posyandu dapat berlangsung optimal, sehingga upaya peningkatan kesehatan ibu, bayi, balita dapat diwujudkan bersama. Derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini diharapkan meningkat, dan angka stunting dapat dicegah ke depannya,” tukasnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait