Diskop UKM Perindag di Minta Lakukan Pengawasan Kelayakan Mamin

By kabarbor - April 1, 2024 |
Post View : 385
Views
IMG-20240629-WA0005

Puruk Cahu – Sekretaris Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), H. Mariyanto mendorong agar Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Murung Raya (Mura) meningkatkan pengawasan terhadap kelayakan Makanan dan minuman (Mamin) yang dijual di toko-toko atau swalayan.

Karena menurutnya dari hasil laporan masyarakat, masih banyak ditemukan produk makanan dan minuman (Mamin) yang sudah tak layak konsumsi beredar dan dipajang di toko-toko tersebut. 
Bahkan mirisnya ditemukan hingga puluhan item produk tak layak konsumsi yang menandakan masih adanya unsur kelalaian dalam menjaga kesehatan pada konsumen di daerah ini.

“Baik itu soal kadaluwarsa produk dan juga kerusakan pada kemasan, itu sudah menandakan tidak sehatnya makanan, atau minuman, yang dipajang di setiap toko tersebut, ini sangat membahayakan bagi para konsumen atau masyarakat kita,” ungkapnya, Senin (1/4/2024)

Legislator PPP ini menekankan, selain dengan pembinaan rutin, sanksi tegas juga dirasa perlu dilakukan bagi toko yang berulang-ulang ditemukan menjual atau mengedarkan makanan dan minuman yang sudah tak layak konsumsi maupun dalam kemasan rusak tersebut.

“Kenapa harus ada sanksi supaya tidak terulang lagi dan toko-toko modern dan swalayan setempat maupun para pedagang kita didaerah ini lebih meningkatkan pengawasannya terhadap barang yang akan dijualnya kepada calon konsumen yakni masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Mariyanto juga berharap agar pemerintah daerah melalui instansi terkait meningkatkan sinergitas antar lembaga maupun instansi lainnya dalam rangka melakukan pembinaan dan juga pengawasan mamin di Kota Puruk Cahu ini kedepannya.

“Koordinasi dan sinergitas harus tetap dibangun, kami sebagai mitra kerja mereka juga akan tetap mengawasi apa yang sudah menjadi tugas pokok dan fungsi kami di legislatif,” tutupnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait