Dinas Terkait Diminta Awasi Bangunan Sepanjang Sungai Bengaris

By kabarbor - March 19, 2022 |
Post View : 355
Views
IMG-20220319-WA0017

MUARA TEWEH-Musim hujan merupakan musim cukup mencemaskan bagi warga Muara Teweh pada umumnya dan warga pinggiran Sungai Bengaris pada khususnya, hal ini dikarenakan kalau volume atau intensitas hujan tinggi hingga berjam-jam maka potensi banjir di daerah ini cukup tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah penyempitan sungai Bengaris sendiri dan bangunan perumahan warga yang sudah memakan arus sungai tersebut, sehingga kawasan sungai ini menjadi sangat rawan terkena banjir meskipun tidak lama namun cukup merepotkan warga karena banyak rumah terendam.

Legislator DPRD Barito Utara Jamilah mengatakan, oleh sebab itu pemerintah daerah melalui dinas terkait diharapkan lebih focus dalam perencanaan penanganan Sungai Bengaris yang merupakan anak Sungai Barito.

Warga jalan Ronggo Lawe, Wira Praja serta beberapa warga dipesisir sungai ini selalu khawatir kalau hujan deras dan lama karena bisa dipastikan selain pemukiman mereka juga ada sekolah akan terendam air .

Politisi usungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, dinas PUPR hendaknya bisa segera menormalisasi aliran sepanjang sungai Bengaris karena dari cek lapangan banyak berdiri bangunan yang berada di aliran sungai.

Juga dinas perijinan terpadu hendaknya tidak memberikan ijin mendirikan bangunan kepada warga yang mau membangun rumah sampai ke aliran Sungai Bengaris.

Lebih lanjut, perlunya koordinasi yang baik dari semua elemen masyarakat, baik itu tokoh agama, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat, RT, Lurah serta Camat dalam menggali kesadaran warga pinggiran untuk tidak membuang sampah di sungai.

Demikian pula terhadap kesadaran untuk merelakan tanah milik mereka untuk di turap agar tidak longsong dan akibatnya menyempitkan arus sungai yang sudah sempit tersebut, pungkasnya (red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait