Dewan Tegaskan Pengembangan Bidang Perternakan Penting Jadi Skala Prioritas

By kabarbor - April 19, 2023 |
Post View : 258
Views
IMG-20230617-WA0063

SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kotawatingin Timur, H.Rudianur kembali menyarankan kepada Pemkab Kotim agar pengembangan bidang peternakan menjadi skala prioritas dalam APBD kedepannya. Bukan tanpa alasan, menurutnya banyak potensi yang harus segera direalisasikan melalui bidang peternakan maupun pertanian di daerah ini.

Bahkan menurutnya kedepannya Kabupaten Kotawaringin Timur harus bisa mencapai swasembada daging, dan hasil pertanian lainnya. Pengembangan dalam tersebut sangat perlu dilakukan agar keperluan daging ayam potong, dan daging sapi serta pemasok sayur mayur produk lokal bisa terpenuhi terutama pada saat menjelang hari-hari besar.

“Memang selama ini, ketersediaan daging ayam dan sapi masih sangat minim, sehingga harus disuplai dari daerah lainnya seperti wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mengatasi hal itu, diharapkan kepada instansi terkait dapat membangun sentra atau kantong-kantong penyangga peternakan ayam ras, kambing, kerbau, maupun sapi, bahkan sektor pertanian juga harus produktif, dalam hal ini juga harus ada campur tangan pemerintah,” ungkapnya Rabu 19 April 2023.

Bahkan disisi lain menurutnya, dengan adanya kantong-kantong penyangga diharapkan kedepannya Kotawaringin Timur akan swasembada daging terus meningkat. Karena, lanjut dia, otomatis para peternak di Kotim bisa memenuhi kebutuhan daging untuk daerahnya.

“Kalau sektor pertanian kita sudah lumayan, namun untuk daging ini perlu digenjot kembali, karena memang tiap tahunnya kebutuhan akan daging ini selalu tidak mencukupi, untuk itu perlu dilakukan pemberdayaan secara maksimal,” tutupnya.(rrl)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait