Dewan Mura Minta Agar Program Ketahanan Pangan Diperkuat di Berbagai Bidang

By kabarbor - June 10, 2024 |
Post View : 355
Views
IMG-20240629-WA0063

Puruk Cahu – Untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan, seluruh pihak di Kabupaten Murung Raya diminta untuk memperkuat ketahanan pangan, dengan cara meningkatkan usaha bidang pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan masyarakat.

“Kami minta agar ketahanan pangan pada berbagai bidang harus diperkuat, sehingga kebutuhan pangan tercukupi jumlah, mutu, aman, dan terjangkau,” kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya, Akhirudin, Senin (10/6/2024).

Dia mengatakan, memperkuat ketahanan pangan dapat dicapai melalui ketersediaan dan cadangan pangan mencukupi, keanekaragaman konsumsi dan keamanan pangan, hingga pencegahan dan penanggulangan rawan pangan.

“Harus ada sinergi dari seluruh pihak untuk perkuat ketahanan pangan di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan,” tegas Politisi PKB ini.

Salah satu cara untuk memperkuat ketahanan pangan adalah menggerakkan seluruh komponen masyarakat, agar mengelola lahan dan pekarangan dengan menanam sayur-sayuran atau budidaya ikan, ayam, sapi, kambing, babi, dan ternak lainnya, untuk mendukung ketahanan pangan.

“Saya ingin masyarakat meningkatkan budaya tanam serta budidaya ternak dan perikanan, demi mendukung ketahanan pangan dan mencukupi kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Dia berharap kepada instansi teknis yang berkaitan dengan ketahanan pangan, untuk kembali lebih giat membina para kelompok tani, serta mengupayakan bantuan modal pengembangan usaha tani sehingga produktivitas petani mengalami peningkatan.

“Kelola potensi yang ada untuk ketahanan pangan, serta tidak harus mengandalkan pasokan bahan pangan dari daerah lain. Saya yakin masyarakat pasti bisa kalau mereka ada niat dan kemauan,” pungkasnya.(mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait