Dewan Dukung Jamrek 5 Tahun

By kabarbor - June 1, 2022 |
Post View : 217
Views
0DA21B6A-4C2C-47D1-BF7F-62922B83615D

MUARA TEWEH-Dewan sangat mengapresiasi dan mendukung apabila uang jaminan reklamasi harus 5 (lima) tahun lamanya, hal ini tentunya sangat bermanfaat dan mangantisipasi pengusaha nakal yang tidak melakukan reklamasi sebagaimana mestinya.

Legislator DPRD Barito Utara H.Tajeri mengatakan, bercermin dari pengalaman yang ada saat ini bahwa masih banyak lobang bekas galian tambang yang belum direklamasi sedangkan perusahaan yang semula mengerjakannya dinyatakan vailid .

Hal tersebut harus menjadi contoh dan dasar kita bahwa harus ada perubahan dalam hal jaminan reklamasi, ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan lingkungan sehingga lahan bekas pekerjaan tambang bisa digunakan kembali oleh masyarakat kita.

Oleh karena itu dengan adanya rancangan peraturan bahwa uang keseriusan atau lebih dikenal dengan jaminan reklamasi selama 5 (lima) tahun harus dibayar kemuka mendapat dukungan dari legislator DPRD Barito Utara ini karena dinilai sangat positif bagi keselamatan lingkungan di bumi Tambun Bungai terutama bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Dewan sangat mendukung peraturan ini karena menurutnya hal tersebut sangat penting untuk melihat sampai dimana keseriusan pihak investor dalam menanamkan modalnya didaerah kita .

Selain itu pula kita bisa melihat mana investor yang benar-benar bonafit dan mana infestor yang hanya mau untung saja tanpa serius memelihara lingkungan sisa tambang yakni dengan reklamasi.

“Kami berharap agar pemerintah pusat segera merealisasikan aturan untuk uang keseriusan atau jamiman reklamasi selama 5 (lima) tahun sejak perusahaan tersebut berada,”ujar Tajeri.

Semula dirinya sudah mengusulkan agar jaminan reklamasi harus dinaikkan hal ini mengingat kalau kerusakan yang diterima oleh daerah jauh lebih besar dari pada uang jaminan reklamasi dari perusahaan sehingga apabila dikerjakan oleh pemerintah daerah akan mendapatkan kerugian ,tandasnya..(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait