Dewan Dorong Wujudkan Desa Mandiri

By kabarbor - October 27, 2022 |
Post View : 152
Views
FB_IMG_1667087417857

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mendorong seluruh pemerintah desa (pemdes) di wilayah setempat untuk bisa mewujudkan kemandirian desa. “Salah satunya adalah dengan menggali dan memaksimalkan potensi desa yang dimiliki. Seperti pengembangan desa wisata dan lain-lain,” katanya, kamis (27/10/2022).

Ia mengatakan, melalui Peraturan Menteri Desa (Permendesa) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 2 Tahun 2016, telah ditetapkan beberapa indikator yang memberi kemudahan bagi desa untuk mengetahui mana mandiri desanya.
Dengan adanya instrumen tersebut, desa dapat menemukan dan menemukan informasi, sejauh mana permasalahan yang dialami dan potensi yang dimiliki untuk mendorong desa keluar dari jerat masalahnya. “Dan instrumen tersebut dikenal dengan istilah Indeks Desa Membangun (IDM),” ujarnya.
Dikatakannya, IDM dapat digunakan sebagai keinginan untuk melakukan integrasi, afirmasi, dan sinergi pembangunan. “Dengan harapan bisa terwujud kondisi masyarakat desa yang sejahtera, adil dan mandiri,” pungkasnya. Selain itu, IDM sendiri mengklasifikasikan desa menjadi lima status yakni desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal, desa sangat tertinggal.(Wan)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait