Begini Sosok Alm Anang Kapeliyus Dimata Rekan-Rekannya Semasa Hidup

By kabarbor - October 13, 2022 |
Post View : 231
Views
DC75A7B5-632D-48B0-8B09-F808AF60EE11

Sampit,- Kepergian sosok Almarhum Anang Kapeliyus yang tak lain merupakan Anggota DPRD Kotawaringin Timur periode 2019-2024 menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh anggota dewan. Pria yang diketahui menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I ini dikenal oleh rekan-rekan sesama anggota DPR merupakan orang yang bersahaja, menjunjung rasa persaudaraan dan juga memiliki kepribadian yang baik terhadap semua orang.

Seperti yang disampaikan oleh Riskon Fabiansyah yang pernah satu Komisi yakni di Komisi III selama beberapa tahun bersama dengan sosok Anang Kapeliyus tersebut. Menurutnya Anang semasa hidup terus pokus dengan jabatan yang di amanah kan oleh rakyat tersebut, Anang dikenal totalitas terhadap aspirasi masyarakat dan tidak takut dalam menyampaikan apa yang menjadi fakta dilapangan.

“Beliau sangat pokus dengan apa yang menjadi targetnya untuk membangun Dapil V, memperjuangkan aspirasi masyarakat disana, dan tegas serta berani untuk mengkritik pemerintah apabila hal tersebut merupakan hak yang bersifat fakta dilapangan, salah-satu nya berkaitan dengan Kesejahteraan masyarakat, karena komisi III juga membidangi Kesra, yakni soal Listrik yang masih belum teraliri di beberapa wilayah Dapil V, beliau terus menyuarakan hal tersebut,” ungkapnya Kamis (13/12/2022).

Bukan hanya hal itu, menurutnya Anang Kapeliyus juga merupakan sosok yang mencintai Budaya daerah, dan turut serta melestarikannya melalui cara-cara tersendiri. Tidak sedikit apa yang sudah menjadi tanggungjawab dipundak almarhum di suarakan di forum dan ditindaklanjuti dengan kegiatan dilapangan.

“Beliau juga sempat mendorong pemerintah daerah untuk segera memperbaiki Betang yang ada di Dapil V, hal ini merupakan keharusan menurutnya supaya pelestarian seni dan budaya daerah tetap terjaga dengan baik, beliau memang sosok yang menjaga itu sampai akhir hayatnya,” timpalnya.

Legislator Partai Golkar ini juga menambahkan selama bersama di Komisi III Anang Kapeliyus selalu mengedepankan azas manfaat selaku anggota dewan, rasa persaudaraan sesama anggota DPR merupakan hal yang wajib untuk di jaga dan dijalin dengan baik.

“Bukan hanya sesama komisi III saja, melainkan sesama anggota DPR, beliau sosok yang mencintai rasa persaudaraan dan menjaga sanak saudara sesama anggota dewan, apalagi kalau itu urusannya demi masyarakat banyak, atau kepentingan umum, pasti akan bersuara keras di Forum rapat,” tegasnya.

Terpisah Rimbun ST yang juga merupJan Ketua Komisi I, yang sampai saat ini masih satu Komisi dengan Almarhum menyampaikan hal yang sama. Menurutnya Anang merupakan sosok yang mencintai Budaya, dan juga menjaga jalinan silahturahmi antar anggota dewan.

“Beliau sosok yang sangat bijak dalam bersikap, dan juga menjaga rasa kekeluargaan antar sesama anggota dewan, semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Tuhan yang maha esa,” timpal Rimbun.

Sementara itu M. Abadi yang merupakan teman semasa sama-sama menjadi Kepala Desa beberapa tahun silam juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya almarhum Anang Kapeliyus merupakan sosok figur seorang pejabat publik yang patut menjadi contoh.

“Karena sosok beliau ketika diberikan amanah tidak neko-neko, pokus dengan amanah tersebut, dan berjuang untuk masyarakat dimana beliau dipilih, artinya konsisten dan komitmen, hal semacam ini patut kita jadikan contoh,”tutupnya.(Ft).

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait