Dandim 1013 Muara Teweh Bagikan 5000 BLT Ke PKL Dan Warung

By kabarbor - May 18, 2022 |
Post View : 169
Views
IMG-20220518-WA0006

Ket foto
1.Dandim 1013 / Muara Teweh saat menyerahkan BLT kepada penerima BTPKLW, ,Rabu (18/5)

MUARA TEWEH-Kodim 1013/Muara Teweh salurkan Bantuan Tunai kepada 5.000 pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).

Penyerahan bantuan tunai dari Pemerintah Pusat ini dilakukan secara simbolis kepada 60 orang oleh Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Edi Purwoko bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Barito Utara di Aula Makodim 1013/Mtw Jalan A. Yani Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Rabu (18/05/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Barito Utara Kompol Ronny Wijaya,S.I.K., Kadis Perindag Drs. H. Hajrannor, Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara Kasi Pidum Bayu Permadi S.H,.M.H., Mewakili Ketua Pengadilan Agama Barito Utara Kasubag Kepegawaian Eka Prihatini S.Ap, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Barito Utara.

Dalam kesempatanya Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Edi Purwoko mengatakan,”Pemerintah melalui Mabes TNI secara resmi telah meluncurkan program bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW).

Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro ditengah pendemi Covid-19.

Saat ini bantuan secara spesifik mengarah PKL dan warung yang berada di wilayah Kabupaten/Kota/Desa yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 sesuai .

Dengan instruksi menteri dalam negeri nomor 27 dan 28 tahun 2021 serta belum mendapatkan bantuan melalui skema banpres produktif usaha mikro (BPUM).

“BTPKLW yang hari ini mulai diluncurkan selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, namun juga diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah,” kata Dandim.

Kodim 1013/Mtw Barito mendapat 5000 alokasi dan di data langsung oleh para Babinsa Koramil jajaran.

Bantuan disektor usaha mikro untuk wilayah dengan Pagu sebesar Rp.1,5 milyar akan disalurkan kepada 5000 pelaku usaha mikro yang masing-masing akan mendapatkan Rp 300.000, yang pendataan dan penyaluran akan dilakukan oleh tiap-tiap Koramil penyaluran bantuan oleh TNI ini dilakukan melalui sistem aplikasi yang dapat mengadakan konferensi transparansi dan akuntabilitas.

.Untuk mekanisme pendataan warga yang akan menerima bantuan Koramil berkoordinasi dengan aparat kewilayahan dan ketua RT untuk menentukan siapa yang berhak mendapat bantuan tersebut dengan cara mendata nomor NIK dan KK.

Selanjutnya data diverifikasi jika dari data tersebut ternyata sudah pernah mendapat bantuan maka di aplikasi sistem akan muncul warna merah sudah pernah mendapatkan bantuan BPUM dan akan diganti dengan yang lain.

Data yang sudah diverifikasi tersebut dikirim ke pusat untuk selanjutnya diproses guna penyaluran dana.

Penyaluran bantuan ini akan kita laksanakan selama 5 hari jadi para Babinsa sedikit extra untuk membagikan karena dituntut waktu biarpun begitu semuanya agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berharap kepada penerima bantuan agar untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya ini bukan sekadar uang cuma cuma, jadi bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan ekonomi dan terus berperang melawan covid-19.”tutup Dandim.

Salah satu warga Uci mengatakan, kami selaku warga masyarakat Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1013/Mtw yang mana telah memberikan Bantuan Langsung Tunai ini.

“Harapan kami semoga kegiatan yang serupa dapat dilaksanakan secara berlanjut untuk membantu meringankan beban warga.” ucap Uci. (Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait