Batamad Barito Utara Peringati HUT ke 1

By kabarbor - January 27, 2022 |
Post View : 351
Views
ket foto : Komandan Brigade Batamad Barito Utara, Drs Hertin Kilat

MUARA TEWEH – Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kabupaten Barito Utara menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Kamis 27 Januari 2022.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Barito Utara, Drs. Muhlis, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013/Muara Teweh, panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu juga terlihat ada budaya Kuntau atau Lawang Sekapeng yang diperagakan oleh anggota Batamad Barito Utara.

Komandan Brigade Batamad Barito Utara, Drs Hertin Kilat menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam suksesnya acara peringatan HUT ke 1 Batamad Barito Utara.

Batamad yang merupakan bagian dari lembaga adat terbentuk dan hadir dalam upaya menjaga kelestarian adat budaya dan kearifan lokal.

“Serta dapat mendukung pemerintah baik dalam segi pembangunan, menjaga budaya dan kearifan lokal serta menjaga kestabilan keamanan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan” ucap Hertin Kilat.

Sementara, Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandrias menyampaikan bahwasanya Batamad merupakan lembaga adat yang mana memiliki legalitas sesuai dengan regulasi yang ada .

Fungsi lembaga adat bersama pemerintah merencanakan, mengarahkan, mensinergikan program pembangunan agar sesuai dengan tata nilai adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan yang berkembang dalam masyarakat demi terwujudnya keselarasan, keserasian, keseimbangan, keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ucapkan selamat memperingati HUT ke 1 Batamad Barito Utara, semoga dapat membangun sinergitas baik dengan pemerintah daerah dalam pembangunan maupun dengan masyarakat luas” tukas Yuandrias.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Barito Utara, Drs. Muhlis, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013/Muara Teweh, panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh tamu undangan lainnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait