Banjir Tahap Kedua Berlanjut BPBD Diminta Lebih Sigap

By kabarbor - October 11, 2022 |
Post View : 258
Views
89798348-1EE6-4EFB-8496-44408EFAFF57

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H. Suprianto meminta agar pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) lebih sigap dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif dilapangan pasca banjir pertama yang beralih ke bencana banjir tahap kedua yang sampai saat ini terjadi di beberapa wilayah Kabupaten setempat.

Menurutnya sejauh ini zona-zona banjir di wilayah Kotim ini sudah terdata dengan baik, sehingga untuk meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut sudah bisa direncanakan sejak dini. Terlepas dari hal itu dia juga menekankan, sampai sejauh ini ketinggian air di beberapa desa yang sebelumnya terdampak juga harus menjadi perhatian prioritas agar warga masyarakat mendapatkan bantuan yang layak.

“Kami yakin BPBD sudah memetakan zona mana saja yang rentan dan rawan, untuk itu kami berharap agar dalam hal ini secara teknis dilapangan puak terkait sudah memahami betul langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan, mengingat ini banjir tahap kedua yang juga berdampak pada banyak hal bagi masyarakat kita,” ungkapnya Selasa (11/10/2022).

Disisi lain legislator PKS ini juga menekankan, dalam hal bencana alam seperti sekarang ini, semua pihak harus meningkatkan koordinasi. Hal ini patut dilakukan secara maksimal agar semua dampak yang akan terjadi di lapangan dapat terkendali dengan baik.

” Artinya pengawasan juga harus maksimal, koordinasi juga harus ditingkatkan, dan yang terpenting adalah bagaimana warga masyarakat kita yang terdampak ini merasa nyaman dan tidak terbebani atas bencana alam yang datang dua kali ini dengan tenggang waktu yang berdekatan,”timpalnya.

Dia juga berharap warga masyarakat yang terdampak banjir saat ini, baik di wilayah dapil V, Dapil IV dan juga daerah lainnya, agar terus meningkatkan kewaspadaan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Masyarakat juga dalam hal ini kami minta untuk meningkatkan kewaspadaan, kalau memang diperlukan segera mengungsi dan laporkan dengan Kepala Dea atau RT RW terdekat, jangan mengambil resiko yang dapat merugikan diri sendiri dan banyak pihak,” tutupnya.(ft)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait