Anggota DPRD Himbau Warga Selalu Waspada Terharap Musibah Kebakaran dan Banjir

By kabarbor - September 14, 2022 |
Post View : 229
Views
IMG-20220914-WA0028

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut), menghimbau kepada seluruh warga di Kabuoaten Barito Utara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah kebakaran baik itu lahan dan juga rumah serta meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir. 

Karena pada bulan September – Desember biasanya sudah memasuki musim kemarau dan saat ini sungai di DAS Barito dalam keadaan naik.

Himbauan tersebut disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Barito Utara, Henny Rosgiaty Rusli , Rabu 14 September 2022 di Muara Teweh.

“Kami mengharapkan koordinasi dan optimalisasi kinerja instansi terkait dalam mengantisipasi terjadinya musibah bencana kebakaran pada saat memasuki musim kemarau dan saat ini juga terjadi hujan dan perlu tingkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir,” kata Henny.

Selain memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya prefentif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung.

Anggota DPRD dua periode ini juga menuturkan, Kabupaten Barito Utara merupakan daerah yang memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan, dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana.

“Seperti bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya sungai Barito, dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahun nya,” jelas Henny Rosgiaty Rusli.

Henny juga berharap berharap kepada warga masyarakat agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran, apa lagi di Kabupaten Barito Utara ini baru baru kemarin terjadinya kebakaran yang menghanguskan bangunan gedung sekolah TK Mekar Indah di Desa Ipu Kecamatan Lahei. 

“Jika terjadi kebakaran seperti ini saya berharap agar warga secepatnya bisa melaporkan atau menghubungi kepada dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan BPBD setempat, agar bencana kebakaran bisa segera ditanggulangi,” kata Henny Rosgiaty Rusli.(Ar)

 

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait