Alokasikan Anggaran Belanja Tidak Terduga Untuk Penanganan Bencana

By kabarbor - November 2, 2022 |
Post View : 149
Views
IMG-20221102-WA0000

Sampit- Anggota Fraksi PAN DPRD Kotim, H. Ardiansyah mengingatkan Pemerintah Kabupaten setempat mengalokasikan anggaran belanja tidak terduga dengan nilai yang cukup signifikan agar tidak sampai kehabisan.

Ardiansyah menuturkan, pentingnya ketersediaan anggaran untuk belanja tidak terduga sangat penting bagi daerah rawan bencana banjir dan kebakaran lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur, karenanya pengalokasian anggarannya juga diharapkan memadai dan proporsional agar benar-benar dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

“Kalau saya menyarankan, dibuat regulasi mengingat belanja tidak terduga itu besarannya sekian persen dari APBD sehingga tidak ada unsur-unsur yang bisa mengintervensi angka tersebut. intinya Jangan sampai kehabisan,” katanya, 2 November 2022.

Sekertaris Komisi I DPRD Kotim ini sangat menyoroti masalah itu karena menyangkut nasib masyarakat yang menjadi korban bencana jika bencana banjir dan kebakaran lahan yang setiap tahunnya dikhawatirkan akan terjadi.

Ia mengaku prihatin saat banjir melanda sejumlah kecamatan di wilayah utara yang sampai saat ini masih terjadi, kendati bantuan dari pemerintah daerah untuk korban banjir terus mengalir namun untuk ketersediaan bantuan di tahun mendatang harus tetap disediakan.

“Anggaran untuk penanganannya harus selalu tersedia, khususnya untuk membantu korban banjir agar tidak sampai kelaparan,”Demikian Ardiansyah.(Ft).

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait