Dewan Berharap Petani mengutamakan Kualitas Produk

By kabarbor - September 6, 2022 |
Post View : 286
Views
B453722E-6506-471B-97FF-8C594118AA7E

BALANGAN-Legislator DPRD Kabupaten Balangan Eddy Yulianto mengharapkan agar petani di daerah ini lebih mengutamakan kualitas produk sehingga dapat bersaing di pasar domestic bahkan pasar internasional.

Untuk itu dia mengingatkan kepada para petani bahwa arus globalisasi tidak bisa lagi dihindari, termasuk didalamnya sistem perdagangan bebas yang meliputi berbagai komoditi.

Tidak terkecuali pemasaran hasil-hasil pertanian telah tidak mengenal batas-batas negara.

Kompetisi menjadi hal yang lumrah dan untuk itu jika kita ingin produk pertanian menjadi komoditi berorientasi pasar, maka kualitasnya harus menjadi perhatian utama, sehingga dapat bersaing di pasar domestik maupun internasional,

Prospek komoditas pertanian sangatlah menjanjikan, terkait dengan daerah kita sangatlah potensial untuk memasok segala kebutuhan, khususnya hasil pertanian baik berupa pangan, daging telur, ikan dan sebagainya.

Sehubungan dengan hal tersebut, mari persiapkan sumber daya manusia agar nantinya tidak hanya menjadi penonton, tetapi jadi pemainnya.

Mari kita manfaatkan lahan-lahan tidur terutama disekitar Kecamatan Paringin yang berbatasan dengan Kecamatan Lampihong (desa Haur Batu/Lasung Batu dengan desa Lajar Papuyuan) berpotensi untuk dikembangkan agar berhasil guna dan berdaya guna demi kesejahteraan masyarakat Balangan.

Kita berharap kedepan Bumi Sanggam ini menjadi daerah yang desa sembada pangan seperti di era tahun ‘80,” kata Eddy Yulianto.

Untuk itu perlu dukungan atau studi kelayakan dari Pemerintah Kabupaten Balangan, khususnya Dinas Pertanian dan Bappedalitbang untuk mengaji lebih dalam.

Kalau memungkinkan bisa diminta dukungannya kepada pihak perusahaan yang ada di daerah maka.dewan siap membantu .

Kepada pemerintah daerah terutama instansi terkait selain melakukan pembinaan juga diharapkan bisa membantu pemasaran sehingga para petani kita lebih tenang dan nyaman dalam melakukan usahanya., pungkas Eddy , panggilan akrab politisi usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini ..( Theo)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait